UIN SU Gandeng Lautandhana Sekuritas Bentuk Galeri Investasi Syariah

7

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bekerja sama dengan Lautandhana Sekuritas membentuk kerjasama dalam pengembangan pendidikan pasar modal Syariah di kampus itu. Di waktu yang bersamaan UIN SU juga membuka Galeri investasi bekerjasama dengan salah satu perusahaan sekuritas di kota medan.

Galeri tersebut akan digunakan civitas akademika untuk meningkatkan pemahaman dan praktik investasi di pasar modal.

Dekan FEBI UIN SU, Andre Soemitra mengatakan, langkah ini ditempuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama mahasiswa dan dosen.

"Nantinya, mahasiswa diharapkan mampu mempraktikkan teori-teori yang selama ini mereka peroleh selama proses perkuliahan," katanya di Medan.

Menambahkan pula, sejauh ini teori-teori mengenai pasar modal yang diperoleh selama perkuliahan belum terfasilitasi oleh galeri untuk berpraktik, sehingga pemahaman mahasiswa mengenai pasar modal belum maksimal. Adapun rencana untuk membangun galeri investasi itu telah lama digagas, namun baru terealisasi saat ini.

"Kendala utama yang kami hadapi adalah karena banyaknya mahasiswa FEBI yang mencapai ribuan, sehingga kami butuh kerja sama dengan pihak eksternal, salah satunya Launtandhana Sekuritas," jelasnya.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari kerja sama itu adalah, mahasiswa maupun dosen nantinya akan dibimbing dan dibina untuk menjadi investor handal di pasar modal. Hal ini dimaksudkan untuk mengubah pola pikir civitas yang selama ini cenderung lebih banyak berinvestasi konvensional, seperti investasi tanah, rumah dan sebagainya.

"Sangat minim yang bermain saham. Padahal potensinya cukup besar," ungkapnya.

Dalam kerja sama itu, pihak Launtandhana akan menyediakan analis dan memfasilitasi pembukaan rekening efek bagi mahasiswa dan dosen. Setiap nasabah, dalam hal ini mahasiswa dan dosen akan diberikan perkembangan terkini terkait perekonomian sehingga bisa memutuskan untuk membeli dan menjual saham.

Leave a Reply