Tips Mengatur Keuangan untuk Pengusaha Muda

Finance.detik.com – Jakarta – Saat ini di Indonesia marak sekali anak muda yang terjun ke dunia bisnis, dan itu merupakan suatu hal yang sangat baik untuk perkembangan ekonomi nasional umumnya dan ekonomi kerakyatan pada khususnya.

Bisnis kadang dapat dikerjakan kapan saja atau mempunyai waktu yang fleksibel. Bisnis ini juga menjanjikan penghasilan yang besar jika dilakukan dengan kerja keras dan cerdas. Semakin besar omset yang dihasilkan semakin besar pula keuntungan yang akan di dapat.

Karena bisnis menghasilkan keuntungan yang sangat besar maka diperlukan perencanaan keuangan yang baik, berikut tipsnya:

1. Memisahkan rekening pribadi dan rekening usaha

Sebagai pengusaha sebaiknya memisahkan antara rekening pribadi dan rekening usaha. Pengusaha juga sebagai pelaku sehingga wajib untuk menggaji dirinya sendiri. Dengan sistem ini maka pengusaha hanya akan membelanjakan gajinya untuk kepentingan pribadinya. Dan yang paling penting adalah sediakan dana untuk operasional beberapa bulan ke depan di rekening usaha untuk operasional karena pengusaha berbeda dengan karyawan yang setiap bulan mendapat gaji yang pasti.

2. Membuat catatan keuangan

Sangat penting mempunyai buku catatan yang isinya mencatat setiap uang masuk dan keluar dari berbagai bagian. Dengan mencatat kita bisa mengetahui mana pengeluaran yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan sehingga kita bisa mengalokasikan ke bagian yang lebih penting. Selain itu pengusaha juga tahu berapa asset yang dimiliki, berapa besar keuntungan sehingga tahu perkembangan usaha yang dijalaninya. Dan selalu mengevaluasinya setiap bulannya.

3. Komitmen dan Disiplin

Semua hal bisa dilakukan begitu juga dengan perencanaan keuangan yang baik. Meskipun belum ada jaminan berhasil paling tidak kita sudah berusaha komitmen dan disiplin dalam mengelola keuangan untuk lebih baik dari waktu ke waktu. Sesuatu yang besar dimulai dengan sesuatu yang kecil dan sederhana.

Leave a Reply