Staf Kementrian Keuangan Memberikan Kuliah Umum di FEBI IAIN Langsa

goaceh.co – Langsa – Salah seorang Staf Kementerian Keuangan RI, Slamet Suprayitno, memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Selasa kemarin (11/4/2017) di Aula Ibnu Khaldun fakultas setempat.
Di hadapan seratusan peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa itu, Ia menyampaikan kuliah bertajuk "Sukuk sebagai instrumen pembiayaan publik Syariah di Indonesia".
Menurut alumnus International University of Japan ini, Sukuk merupakan instrumen keuangan negara yang berbasis syariah di Indonesia semakin diminati investor.

Sebabnya, memiliki sejumlah kelebihan antara lain dana dari sukuk digunakan untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur, fasilitas pendidikan dan lainnya.

Lanjutnya, Sukuk negara yang di Indonesia disebut surat berharga syariah negara menggunakan sejumlah prinsip syariah antara lain ijarah atau sewa.

Dimana setiap pengeluaran Sukuk, katanya, selalu didasarkan atas aset yang akan dibangun.

“Kemudian pemerintah membayar sewa sebagai ujrah kepada investor sampai waktu pelunasan ketika pemerintah membeli kembali aset tersebut,” jelas Slamet.

Leave a Reply