SDM Bank Syariah Harus Memenuhi 4 Aspek

karyawati-menghitung-uang-di-bank-pembiayaan-rakyat-syariah-_161206200113-910

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sumber daya manusia (SDM) yang menekuni perbankan syriah setidaknya harus memenuhi empat aspek. Ketua Komite Bidang Pendidikan, Pelatihan Profesi & Vokasi Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Putu Rahwidhiyasa mengatakan ke empat aspek yang dimaksud yaitu operasional perbankan, managerial, kepemimpinan, dan pemahaman syariah.

“SDM Bank Syariah memiliki kemampuan operasional perbankan dan memahami seluk beluk aspek bisnis yang mempengaruhi kinerja sebuah bank,” ujar Putu di Jakarta, Kamis (8/12).

Untuk aspek managerial, SDM bank syariah harus memiliki kemampuan managerila yang sesuai dengan etika bisnis Islam. Selain itu, Putu menambahkan, kepemimpinan SDM bank syariah juga harus memiliki kemampuan memimpin yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam.

Aspek penting yang harus dimiliki oleh SDM bank syariah yakni pemahaman syariah yang bersifat universal dan sesuai dengan kearifan lokal. Menurut Putu, pemahaman syariah ini meliputi aspek hukum dan penerapannya sesuai dengan kaidah ushul fiqh.

“SDM juga harus memenuhi kualifikasi soft skill dan technical skill,” kata Putu.

Leave a Reply