Rumah Zakat Mengirim Bantuan untuk Korban Banjir Lebak

2

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN — Rumah Zakat (RZ) melakukan kegiatan penyaluran bantuan sebanyak 200 kornet Superqurban, 20 dus air mineral, 30 paket sembako, roti, susu UHT, dan makanan ringan, serta 4 karung pakaian untuk warga korban banjir di Desa Cimadur, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten. Relawan RZ Lili Sugiato mengatakan, hari ini, Senin (13/2) banjir di Banten yang saat ini sudah mulai surut. Meski begitu warga masih banyak yang tinggal di pengungsian dan membutuhkan banyak bantuan.

“Selain menyalurkan bantuan, kami juga membantu evakuasi korban. Alhamdulillah air sudah mulai surut, tapi sebagian besar warga masih mengungsi ke tempat yang lebih aman karena sebelumnya rumah mereka terendam dengan ketinggian air sekitar 2 sampai 2,5 meter,” kata Lili.

Lili mengatakan bahwa kami akan masih terus menyalurkan bantuan hingga kondisi warga benar-benar kondusif. RZ juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Lebak untuk melakukan pendataan kebutuhan utama warga. Dalam kejadian ini 1 orang meninggal akibat terseret banjir.

Banjir yang terjadi akibat luapan Sungai Cimadur tersebut, menyebabkan sebanyak 14 kecamatan di Kab. Lebak terendam banjir diantaranya Kecamatan Banjarsari, Gunungkencana, Cijaku, Leuwidamar, Wanasalam, Bayah, Cigenblong, Lebakgedong, Cirinten, Cihara, Malingping, Kalanganyar, Cimarga, dan Sobang. Akibatnya sebanyak 1.561 rumah terendam banjir.

Selain rumah, banjir juga merendam ribuan hektare lahan pertanian sehingga menyebabkan aktivitas para petani lumpuh. BPBD Kab. Lebak kini telah menyalurkan bantuan berupa obat-obatan dan kebutuhan dasar lainnya

Leave a Reply