Rumah Zakat Menghimbau Posyandu Membuat Program Sedekah Sampah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Rumah Zakat menggandeng Posyandu di Desa Bulupasar, Kecamatan Dandangan, Kota Kediri menggulirkan program sedekah sampah. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan di daerah setempat. 

Melalui kerja sama itu, orang tua balita yang mendatangi Posyandu diminta menyedekahkan sampah di rumahnya ke Bank Sampah yang dibentuk Rumah Zakat. ‘’Tujuan utamanya, ingin secara bersama-sama memperbaiki lingkungan agar bebas sampah dan lingkungan menjadi lebih sehat,’’ ujar kader Bank Sampah Rumah Zakat Yuyun.

Relawan Rumah Zakat memberikan pelatihan kepada orang tua balita dan kader Posyandu terkait pengelolaan sampah organik dan non organik. Kata Yuyun, melalui kegiatan ini, diharapkan warga dapat mengelola sampah rumah tangga sehingga daerahnya tetap bersih.

Selain menggulirkan program Bank Sampah dan Sedekah Sampah, di Desa Berdaya Dandangan juga digalakan Kebun Gizi Warna Warni. Menurut Fasilitator Desa Berdaya Dandangan Rumah Zakat Hana, gerakan tersebut bertujuan untuk menarik perhatian warga agar tertarik menanam sayur di sekitar rumahnya.

“Di desa ini, kami mencoba untuk membangun masyarakat sehat melalui kebiasaan kecil yang dapat kita lakukan sehari-hari,’’ kata Hana. Dengan demikian, lanjut dia, akan terasa dampak positifnya di kemudian hari.

Leave a Reply