Raja Salman Membidik Investasi di Sejumlah Negara

 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA – Raja Salman dari Arab Saudi memulai kunjungannya ke kawasan Asia selama tiga pekan pada hari ini, Minggu (26/2/2017). Kunjungan Raja Salman dinilai terkait pencarian akan investasi dan keahlian teknikal.

Pasalnya, Arab Saudi sedang berupaya mendiversifikasi ekonomi negaranya. Anjloknya harga minyak membuat ekonomi Arab Saudi merosot tajam, akibatnya mulai dari jebolnya anggaran, dicabutnya berbagai subsidi, dan mencari pinjaman ke lembaga internasional.

Mengutip Gulf News, Minggu, kunjungan Raja Salman ke Jepang dan Indonesia adalah yang pertama kali sejak Raja terakhir mengunjungi kedua negara hampir 50 tahun silam.

Beberapa negara lain yang akan dikunjungi Raja Salman adalah Malaysia, China, dan Maladewa.

"Kunjungan ini akan menjadi yang pertama dalam 46 tahun. Sehingga, secara simbolis ini menjadi sangat penting," ujar Shigeto Kondo, periset di The Institute of Energy Economics di Jepang.

Negara tujuan pertama Raja Salman adalah Malaysia. Monarki Arab Saudi yang terakhir kali mengunjungi Malaysia adalah mendiang Raja Abdullah pada 11 tahun lalu.

Akan tetapi, ketika mengunjungi Jepang dan Indonesia, Raja Salman diekspektasikan mengincar hubungan ekonomi yang lebih kuat.

Leave a Reply