Pinnacle Meluncurkan Produk ETF syariah bernama XPES

Investasi.kontan.co.id – Jakarta – Pinnacle Investment meluncurkan produk terbaru ETF bernama Pinnacle Enhanced Sharia ETF (XPES). XPES menjadi produk Smart ETF ketiga yang diluncurkan Pinnacle tahun ini.

Guntur Putra, Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) Pinnacle Investment mengatakan, XPES merupakan produk ETF berbasis syariah pertama di Indonesia yang menerapkan strategi Smart Beta dengan menggabungkan pendekatan strategi investasi pasif dan aktif secara sistematis. "Tujuan kami untuk memodernisasi dan merevolusi proses portofolio construction pasif yang tidak efisien," katanya ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).

Guntur menambahkan, produk XPES ditujukan untuk investor ritel dan institusi. Sedangkan benchmark produk tersebut adalah Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Selain itu, Ia juga bilang, potensi imbal hasil XPES diperkirakan sekitar 3% di atas pasar. "Ini mengingat karakter reksadana ETF Sharia ini dari tingkat risiko kurang lebih sama dengan pasar," tandasnya.

Pinnacle Investment pun menjalin kerja sama dengan Indopremier Sekuritas sebagai dealer partisipan dan menunjuk Bank DBS sebagai Bank Kustodian untuk produk XPES.

Secara keseluruhan, sejak memperoleh izin sebagai manajer investasi dari Otoritas Jasa Keuangan tahun 2015 silam, Pinnacle Investment telah meluncurkan empat produk Smart ETF yang tercatat di BEI.

Selain XPES, terdapat produk Smart ETF lainnya bernama Pinnacle Enhanced Liquid ETF (XPLQ), Pinnacle CORE High Dividend ETF (XPDV), dan Pinnacle Indonesia Large-Cap ETF (XPLC).

Leave a Reply