Perbankan Syariah Fokus Pembiayaan Ritel

sumeks.co.id – Palembang – Bank Muamalat terus berupaya hadapi persaingan. Salah satu caranya dengan membidik ritel untuk sektor pembiyaan. Konsumer dengan kredit perumahan (KPR) dan properti jadi andalan Bank Muamalat

Branch Manager Bank Muamalat Palembang, Wahid Fitria mengatakan bahwa dari sisi pembiyaan, pihaknya punya dua produk yang memang disiapkan untuk membidik market ini, yaitu KPR angsuran super ringan dan pembiayaan properti bisnis.

“Tren tiga bulan tumbuh, overtarget malah dari yang ditetapkan sebesar Rp15 miliar per bulannya. Ini karena, dari sisi produk kami melakukan inovasi dengan menawarkan angsuran (bunga) termurah,” terangnya saat ditemui di sela acara donor darah Bank Muamalat di Kambang Iwak.

Menghadapi persaingan, maka adanya inovasi produk seperti ini, di mana KPR angsuran super ringan 5 persen selama 6 tahun untuk program pengambilan kredit hingga 15 tahun, menjadi motor untuk target pertumbuhan di tahun ini. “Apalagi untuk program ini kami lakukan reguler dan berlaku untuk semua, baik untuk rumah baru maupun second,” paparnya.

Bukan hanya dari sisi properti untuk rumah tinggal, pihaknya juga ada produk pembiayaan properti bisnis dengan bunga/angsuran sama 5 persen, berlaku 10 tahun tenor, berlaku semua jenis properti (pembiyaan ini bersifat pengelolaan). “Pembiayaan ini kami sasar semua, untuk perumahan dan properti bisnis sampai 100 kreditur setiap bulannya. Untuk meminimum risiko, kami punya unit khusus (dari bidang risiko) untuk survei,” katanya.

Sedangkan dari sisi funding, pihaknya punya produk simpanan tabungan prima berhadiah. “Hadiah bisa tentukan sendiri dengan minimal Rp5 juta,” ujarnya. Sedangkan secara segmen, untuk DPK, Muamalat lebih menyasar ke institusi sekolah (pendidikan) dan universitas.

“Dengan sasaran ke pendidikan, kami di Muamalat banyak lakukan investasi ke sistem. Jadi, bukan hanya semata untuk mengejar nasabah, tapi juga memberikan kemudahan ke pihak sekolah dan universitas dalam memberikan sistem aplikasi mobile bagi siswa dan orang tua atau lainnya,” papar dia.

Jika di tahun lalu capaian Muamalat berada di level 85 persen sampai 90 persen dari target, maka tahun ini pihaknya yakin akan lebih baik. “Tahun lalu tumbuh, hanya saja kami memang tak capai target,” ujarnya.

Sementara itu, sebagai bentuk corporate social responsibility (CSR), Bank Muamalat dari rangkaian milad ke-25 melakukan aksi donor darah di Kambang Iwak bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. “Kegiatan ini sebenarnya kami lakukan rutin setiap minggu, tapi di lokasi berbeda,” katanya

Leave a Reply