Penyebab Pertumbuhan Asuransi Syariah Lambat

Dream.co.id – Perusahaan konsultan dan firma keuangan, Milliman, mencatat ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh industri asuransi syariah di Indonesia. Penyebab lambatnya pertumbuhan asuransi syariah adalah kurangnya komitmen manajemen untuk mengembangkan asuransi ini.

Milliman menyebut komitmen perusahaan untuk menumbuhkan asuransi syariah masih kurang. Mereka menganggap keuntungan asuransi syariah lebih rendah daripada asuransi konvensional.

Selain itu, tantangan lainnya adalah asuransi syariah masih kurang inovatif dan diferensiasi produknya masih minim.

Para pemain bisnis asuransi syariah menawarkan produk asuransi unit link yang sebelas dua belas dengan asuransi konvensional. Produk mereka yang menyasar kelas menengah bawah pun terbilang kurang.

Kesadaran masyarakat terhadap asuransi keuangan syariah pun juga menjadi tantangan bagi industri asuransi syariah untuk bertumbuh. Tidak hanya itu, masyarakat juga masih melirik asuransi konvensional karena return-nya lebih tinggi daripada asuransi syariah.

Faktor sumber daya manusia (SDM) yang minim dan kurangnya dukungan pemerintah terhadap industri asuransi syariah turut menjadi tantangan industri asuransi syariah. Faktor geografis pun juga berpengaruh terhadap penyebaran produk asuransi syariah

 

Leave a Reply