Lima Manfaat Menggunakan Asuransi Syariah

Viva.co.id – Bagi seorang Muslim, produk yang paling baik untuk dikonsumsi, tentunya yang sesuai dengan kaidah agama. Hal ini, juga berlaku untuk produk keuangan. Dengan adanya label halal, atau syariah, perasaan umat Muslim akan lebih tenang dan nyaman.

Jika dipahami dengan baik, asuransi syariah juga menguntungkan secara finansial. Berikut ini, lima keuntungan menggunakan asuransi syariah :

1. Transparansi dana

Asuransi syariah, tentunya beroperasi sesuai dengan nilai-nilai Islam yang salah satunya adalah transparan. Untuk itu, perusahaan asuransi yang mengelola premi nasabah pun menerapkan transparansi.

Setiap keuntungan yang diperoleh, nantinya akan disampaikan secara terbuka dan dibagi rata untuk seluruh pemegang polis asuransi.

2. Kesepakatan syariah yang menguntungkan

Asuransi syariah menggunakan prinsip takaful yang adalah sebuah bentuk tanggung jawab antara peserta yang digunakan untuk kegiatan tolong-menolong, bila salah satu peserta mengalami musibah.

Ada juga konsep Al-Mudharabah dalam kontrak yang merupakan bentuk akad kerja sama antara perusahaan asuransi dan nasabah. Perusahaan yang menawarkan produk asuransi syariah berposisi sebagai pengelola dana yang dikumpulkan dari nasabah.

Dana yang dikelola nantinya akan dimanfaatkan sebagai modal usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. Sehingga, dana tersebut tak bisa dialokasikan untuk kegiatan atau bisnis yang tidak sesuai dengan prinsip Islam.

3. Saling berbagi dalam rezeki

Ketika Anda memilih melindungi diri dengan asuransi syariah, maka keuntungan yang diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada para peserta yang membayar polis

4. Tunaikan ibadah wajib zakat

Selain mengurangi risiko finansial, peserta juga bisa melakukan amal. Hampir seluruh perusahaan asuransi yang menawarkan produk syariah akan mewajibkan pesertanya untuk membayar zakat.

5. Tetap memiliki klaim dan layanan

Keuntungan berikutnya adalah, peserta yang tergabung dengan asuransi ini juga dapat memanfaatkan klaim dan layanan untuk kesehatan hingga asuransi jiwa. Prinsipnya pun terlihat sama dengan asuransi konvensional.

Nasabah asuransi dapat memaksimalkan perlindungan dengan sistem penggunaan kartu untuk biaya rawat inap bagi semua anggota keluarga. Bahkan, asuransi ini juga memungkinkan peserta untuk memilih double claim, ketika peserta sudah mendapatkan klaim dari produk asuransi yang lain, atau berbeda.

Leave a Reply