Keuangan Islam Diperkenalkan di Afrika dan Asia Tengah

2

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Al Huda Centre of Islamic Banking and Economics (CIBE) berkomitmen untuk mengadakan roadshow memperkenalkan perbankan dan keuangan islam di Afrika dan Asia Tengah. Roadshow ini akan dimulai di Tanzania pada Maret 2017 dalam rangkaian KTT Keuangan Islam Afrika dan Takaful Afrika Forum, serta diikuti oleh pelatihan khusus di Kazakhstan pada April 2017 dan akan mencakup 8 negara di Afrika dan 5 negara di Asia Tengah, yakni mulai dari Tanzania, Nigeria, Uganda, Mauritius, Kamerun, Afrika Selatan, Kenya, Maroko, Kazakhstan, Tajikistan, Uzbekistan, Kyrgyzstab, dan Azerbaijan.

Chief Executive Officer Al Huda CIBE Muhamad Zubair Mughal mengatakan, potensi pertumbuhan industri perbankan dan keuangan islam di Afrika dan Asia Tengah cukup besar. Sebab, di kedua benua tersebut sedang gencar melakukan pembangunan, dan industri keuangan islam bisa mengambil peran melalui produk-produknya yang sesuai dengan prinsip syariah.

"Uganda baru saja mengesahkan RUU Keuangan Islam di parlemen, sedangkan perbankan dan keuangan islam juga telah berkembang dengan sangat baik di Kenya dan Tanzania," ujar Mughal.

Tak hanya itu, sejumlah negara lain di Afrika seperti Nigeria, Senegal, Mauritania, dan Pantai Gading memiliki sistem yang terorganisir di industri keuangan islam. Pasar sukuk di wilayah tersebut juga terbilang cukup kuat.

Mughal menambahkan, selain melakukan promosi roadshow tersebut juga bertujuan untuk memberikan arahan dan sudut pandang industri keuangan islam dari sisi politis maupun agama.

Dalam roadshow tersebut juga akan diselengarakan workshop yang relevan dengan kondisi masing-masing negara, misalnya workshop mengenai takaful di Kazakhstan dan Mauritius, workshop keuangan dan perbankan islam di Tajikistan, dan workshop mengenai keuangan mikro syariah di Nigeria.

Ada pula workshop mengenai pembiayaan syariah untuk sektor pertanian di Kenya.  Tujuan inti dari seluruh program roadshow ini adalah untuk memperkuat dasar-dasar perbankan dan keuangan isla  di Afrika dan Asia Tengah.

Leave a Reply