Hermawan Kartajaya : Saya Terinspirasi dari Nabi Muhammad

Republika.co.id – Jakarta – Hermawan Kartajaya adalah seorang penulis buku Marketing 3.0 yang karyanya telah diterjemahkan dalam 27 bahasa dan bertahan sebagai best seller selama tujuh tahun, Hermawan Kartajaya, merupakan seorang non muslim, Ia mengaku menuliskan bukunya karena terinspirasi dengan Nabi Muhammad SAW.

"Saya sudah menulis delapan buku selama 19 tahun. Tapi, khusus buku ini, inspirasinya dari Nabi Muhammad SAW. Biasanya kalau jujur jangan bisnis, kalau bisnis jangan jujur, nah ini bisa disatukan oleh Beliau (Nabi Muhammad SAW). Beliau berbisnis dengan jujur," ujar Hermawan dalam keynote-nya di Inhalec.

Dan buku-buku Hermawan Kartajaya best seller di negara-negara yang penduduknya kurang percaya dengan Tuhan, seperti Cina, Jepang, dan Korea. Sebelumnya, Hermawan menulis Marketing 1.0 berisi tentang produk yang harus laku ketika dipasarkan. Lalu Marketing 2.0 berisi tentang customer (pembeli). "Customer adalah hal yang penting," katanya.

Nah di Marketing 3.0 tentang produknya harus bagus, customer harus dicari, dan pemasarannya juga harus dengan cara-cara yang baik, bukan dengan cara-cara yang jelek. "Nah di buku saya yang terbaru Marketing 4.0 yang menceritakan bagaimana Markplus terbentuk, dan sekarang sudah diminta versi 5.0-nya," ujar Founder Markplus Indonesia itu.

Dalam International Halal Lifestyle Expo dan Conference (Inhalec) Hermawan memberikan beberapa paparannya serta satu idenya bagi produk halal Indonesia. Bisnis itu dasarnya kejujuran. Hati-hati dengan teknologi kalau tidak paham dasarnya. "Jadi, kalau mau gunakan industri halal dengan teknologi, gunakan teknologi dengan dasar kejujuran," kata Hermawan lagi.

Satu sumbangan idenya adalah halal lifestyle ini harus ada sub branding-nya lagi. Misalnya pada sektor food, ada brand Halal for Healthy, lalu Halal for lainnya. Sehingga halal lifestyle ini sebagai umbrella branding.

Leave a Reply