5 Ciri Gaya Hidup Berlebihan

economy.okezone.com – Kehidupan merasa kurang bukan karena rezeki yang kurang, atau banyaknya masalah menimpa, bahkan kesialan. Namun itu semua datang dari gaya hidup yang terlalu berlebihan. Hal ini menyebabkan kita mengalami kesulitan finansial dan juga krisis ekonomi serta pertemanan.

Berikut ini adalah beberapa ciri kita memiliki gaya hidup yang berlebihan, sehingga kita dapat merubah gaya hidup tersebut :

1. Menekan Biaya Hidup

Berhemat untuk kebutuhan sehari-hari merupakan tanda pertama, di mana gaya hidup Anda terlalu berlebihan. Bahkan terkadang sengaja menekan biaya kebutuhan demi bisa membeli atau menggunakannya untuk kepentingan nafsu belaka. Hal ini bisa menjadi indikator positif bahwa anda memang memiliki gaya hidup yang berlebihan. Karena faktanya kita hidup dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup hanyalah selintas untuk menyenangkan hati. Sayangnya justru banyak orang berpikir sebaliknya.

2. Selalu Berutang

Selanjutnya adalah utang yang selalu ada. Percayalah untuk anda yang memiliki utang dan tidak pernah selesai, padahal hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa jadi pendapatan habis begitu saja karena gaya hidup yang berlebihan. Sehingga kebutuhan sehari-hari pun tidak cukup menggunakan pendapatan saja dan harus berutang. Untuk menghindarinya cobalah kurangi gaya hidup agar anda juga bisa terbebas dari utang yang membeli dan tidak kunjung usai.

3. Tidak Pernah Mencatat atau Menghitung

Apakah anda merasa bahwa uang habis begitu saja? Tanpa merasa atau tanpa tahu ke mana uang tersebut habis? Maka hal tersebut bisa menjadi indikator gaya hidup yang berlebihan. Apakah anda tahu bahwa mereka yang boros pasti tidak pernah mencatat ke mana saja uang tersebut lari. Selain itu, ke mana saja uang itu digunakan umumnya atau layaknya dicatat agar anda bisa menghitung anggaran yang habis, tetapi mereka yang boros pasti membiarkannya begitu saja. Hal seperti ini menandakan bahwa sebenarnya uang tersebut habis untuk bersenang-senang dan anda tidak tahu ke mana uang tersebut lari. Karena bersenang-senang tanpa ada batasan juga termasuk salah satu gaya hidup yang berlebihan, yang tentunya dapat membawa dampak buruk pada keuangan.

4. Tidak Memiliki Uang Tabungan

Apa itu tabungan? Apa juga investasi itu? Pasti sebagian orang yang memiliki gaya hidup berlebih membiasakan mereka menghabiskan uang tanpa ada batasan yang menyebabkan mereka menjadi kesulitan uang ketika butuh. Untuk itu, jika anda sadar tidak memiliki tabungan, dana darurat, investasi dan sejenisnya maka anda harus tahu bahwa gaya hidup yang dijalankan sudah berlebihan dan kelewat batas. Karena menyebabkan pengelolaan uang anda setiap beberapa waktunya menjadi berantakan.

5. Wujud Kepemilikan Rendah

Rumah masih menyewa, motor masih kredit, sekolah anak tertunggak, dan hal lain-lainnya. Dengan pendapatan yang seharusnya memenuhi syarat untuk bisa melunasi motor, melunasi sekolah bahkan membeli rumah. Namun kenapa banyak orang yang mengeluhkan tidak bisa? karena mereka tidak sadar bahwa gaya hidup yang mereka lakukan sudah berlebihan. Makan makanan di luar, membeli barang yang tidak dibutuhkan, mengikuti kegiatan yang tidak bermanfaat dan masih banyak lagi. Yang akhirnya membuat pendapatan yang masuk habis untuk hal yang tidak masuk akal, sedangkan ketika membutuhkan tidak ada dananya. Jika wujud kepemilikan rendah maka akan berbahaya dan bisa jadi indikator jelas terhadap kondisi keuangan dan gaya hidup yang terlalu tinggi.

 

Leave a Reply