4 Langkah Bangkit dari Penolakan Lamaran Kerja

Liputan6.com – Jakarta – Menghadapi penolakan terutama saat melamar pekerjaan memang bukan sesuatu menyenangkan. Mungkin seseorang alami kekecewaan dan kesedihan apalagi kalau pekerjaan yang dilamar merupakan pekerjaan impian.

Untuk mengatasi penolakan lamaran kerja tersebut memang ada sejumlah cara yang dilakukan. Mulai dari menghibur diri sendiri dengan memakan coklat, cerita kepada teman dekat, dan menangis. Berikut ini 4 langkah yang dapat dijalankan :

1. Jangan lama bersedih

Sejumlah tahapan emosional akan dilewati saat menghadapi penolakan. Modelnya mulai dari terkejut, marah, tawar menawar, depresi dan menerima. Meski model itu menggambarkan tahapan emosional namun ternyata ada perubahan kecil ketika hadapi penolakan kerja.

Di antara tahap terkejut dan kemarahan, Anda ingin meluapkan kekecewaan tersebut. Coba Anda melakukan kegiatan untuk melampiaskan kekecewaan tersebut dengan cara positif misalkan berolahraga, makan makanan favorit, apa pun itu bisa Anda lakukan dengan cara positif.

Pemulihan dapat berlangsung dengan cepat, asalkan Anda mampu menghentikan sehingga tidak masuk tahap depresi. Jika Anda mulai merasa terbebani, begitu banyak pikiran negatif, jangan takut untuk mencari pertolongan dari keluarga, teman dan bahkan profesional.

2. Jangan dimakan hati

Ingat kalau penolakan dapat terjadi pada kita semua. Mulai dari ditolak kredit perumahan, kencan, dan pekerjaan baru. Setidaknya kita pernah ditolak dalam satu kali. Jika Anda ingin mengambilnya ke dalam hati maka Anda akan hidup dalam kesedihan dan kebencian. Namun, masalahnya ini bukan tentang Anda.

Cobalah untuk membuat sedikit jarak Anda dan pikiran negatif. Jika Anda alami penolakan coba mundur selangkah dan merenung. Misalkan bila Anda tidak mendapatkan pekerjaan baru itu mungkin ada kandidat lain yang sesuai dengan posisi tersebut. Atau pewawancara itu yang sangat buruk. Jadi jangan sampai Anda kehilangan semangat.

3. Renungkan dan review

Jadi sekarang Anda memiliki perspektif yang didapat dan dipelajari dari pengalaman penolakan itu. Berhati-hati agar tidak jatuh dalam lubang keraguan diri. Anda sesuatu yang bisa Anda pelajari dari penolakan itu sehingga bermanfaat bagi Anda.

Coba Anda bertanya kepada diri sendiri mengapa mendapatkan penolakan kerja itu. Apakah ada keterampilan dan kursus yang perlu diikuti untuk meningkatkan kemampuan Anda. Jadi Anda tidak bisa mengubah hasilnya, tetapi Anda bisa mengubah penyesalan menjadi pelajaran hidup.

4. Maju dengan tantangan baru

Untuk mencapai tahap penerimaan membutuhkan waktu. Anda perlu mengalihkan fokus dari apa yang terjadi menjadi apa yang akan terjadi. Dengan kata lain Anda perlu kembali ke kehidupan, dan mengambil tantangan sama atau mencoba yang berbeda.

Misalkan jika Anda ditolak dari pekerjaan tertentu, misalnya kemudian bisa mengajukan kembali di posisi yang sama atau mungkin Anda berpikir itu akan sia-sia. Akan tetapi sebeum memulai kembali pencarian pekerjaan baru coba juga untuk menangkal penolakan yang sempurna. Ingatkan pada diri sendiri apa yang Anda cari. Kemudian tetapkan apa yang dicari agar tidak kehilangan arah.

 

Leave a Reply