3 Waktu Terlarang Untuk Negosiasi Gaji

Dream.co.id – Tiga waktu terlarang pertama untuk nego gaji pertama, ketika sudah menerima angka gaji yang kecil. Saat sampai di rumah menyesal, karena tiba-tiba teringat banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan angkanya terlalu kecil. Ingin menegosiasikan ulang? Jangan lakukan. Perusahaan bisa terganggu dengan permintaanmu, padahal belum bekerja. Jika ingin menegosiasikan gaji, lebih baik bekerja dulu beberapa saat. Tunjukkan kepada mereka atas kinerja cemerlang. Setelah 1-2 tahun bekerja, cobalah menghadap HRD untuk menegosiasikan ulang gaji yang diterima.

Yang kedua, ketika perusahaan memberi tahu tawaran yang diajukan adalah penawaran yang terbaik. Biasanya mereka tidak akan mengulang detail gaji yang ditawarkan. Jika buru-buru mengatakan setuju, akan berisiko untuk menegosiasikan gaji selanjutnya.

Kalau kalimat itu keluar, dengarkan seksama gaji yang ditawarkan, sehingga bisa langsung menolaknya jika tawaran yang diajukan jauh dari ekspektasi.

Yang ketiga, tak memiliki pembuktian, artinya bisa melakukan negosiasi ulang gaji dengan perusahaan dan hal ini berlaku ketika sudah diterima kerja, jika merasa telah melakukan pekerjaan dengan baik dan pantas untuk menerima apresiasi. Jika tak punya pembuktian karier yang baik, lebih baik berpikir dua kali untuk menegosiasikan gaji.

 

Leave a Reply